Mengelola Kelas PAUD yang Sehat (part 1)


Panduan Bagi Pendidik PAUD

whp_2005.jpg Ten and a half million children will die this year from easily preventable causes such as diarrhea, pneumonia, and malaria. Many of these children would survive if they were treated with inexpensive, effective, lifesaving interventions (World Health International)Prediksi WHO yang menyatakan bahwa akan ada 10,5 juta anak yang akan meninggal tahun ini diakibatkan diare, penemonia dan malaria sungguh mencengangkan. Kondisi fisik anak yang masih labil (Decker & Decker, 1988) ditambah lingkungan tempat dia bertumbuh dan berkembang yang mulai terkotori polusi menjadikan prediksi tersebut bisa jadi akan menjadi kenyataan.

Selain kondisi kesehatan anak yang mulai terancam, WHO pun menyatakan bahwa kekurangan gizi menjadi salah satu kendala yang harus diwaspadai. Bahkan pada tahun 2005, 50% permasalahan yang mengancam kesehatan anak adalah kurang gizi selain infeksi pernafasan, diare, malaria, HIV, kecelakaan, permasalahan ketika proses melahirkan dan penyakit lainnya.Masih banyaknya anak yang mengalami kondisi kesehatan dan gizi yang buruk, padahal pembentukan SDM yang berkualitas, baik sehat secara fisik maupun psikologis sangat bergantung dari proses tumbuh dan kembang anak pada usia dini. Pada masa ini, anak mengalami tumbuh kembang yang luar biasa, baik dari segi fisik motorik, emosi, kognitif maupun psikososial. Perkembangan kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan dari 50% menjadi 80%. Usia dini pun merupakan masa peka bagi anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap mereson stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa untuk meletakan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh sebab itu diperlukan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal. Kondisi kesehatan anak yang buruk akan menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Akibatnya kualitas SDM secara otomatis anak menurun.Kondisi yang mendukung proses dan perkembangan anak yang baik adalah kondisi lingkungan fisik yang sehat dan terhindar dari penyebaran kuman dan penyakit. Selain itu, asupan gizi yang baik pun tentu saja sangat mempengaruhi pertumbuhan anak, terutama otak yang sedang berkembang pesat pada masa ini.
Seorang pendidik yang baik, dituntut untuk dapat menyediakan lingkungan yang sehat agar anak dapat berkembang dengan baik. Hal-hal yang perlu dipersiapkan dan difahami pendidik dalam mengelola lingkungan belajar yang sehat akan disajikan dalam makalah ini.

Jadi Apa yang harus kita lakukan sebagai seorang pendidik untuk menciptakan kelas yang sehat?

Pengelolaan kelas yang sehat berkaitan erat dengan penusunan program pembelajaran yang mengajarkan anak tentang pola hidup yangh sehat itu sendiri. Decker & Decker dalam hal ini mengemukakan setidaknya ada tiga point utama yang bisa dijadikan dasar dalam perumusan program, yaitu (1) Mengajarkan siswa manfaat nutrisi dan hubungan antara nutrisi dan kesehatan, (2) Melatih staf nutrisi dengan prinsip-prinsip managemen layanan makanan, (3) memahamkan guru tentang pendidikan makanan dan (4) mengembangkan dan menggunakan materi pembelajaran di kelas dan kurikulum dalam hal makanan.

Cara yang efektif untuk mengajarkan prilaku sehat pada anak-anak adalah dengan keteladanan orang dewasa di sekitar anak. sebagaimana ketika mereka bermain, bercerita dan mendapatkan pengalaman langsung yang melibatkan anak. Contohnya dalam hal mengajarkan makanan, bagi anak akan lebih bermakna dengan menggunakan makanan asli, bukan gambar atau daftar makanan. Anak-anak pun belajar mencuci tangan mereka sebelum makan bukan karena mereka tahu tentang kuman, tapi karena mereka melihat guru melakukannya. Berikut ii adalah penjabaran lebih detail tentang kegiatan apa saja yang bisa diajarkan pada anak dalam menerapkan pola hidup sehat.

1. Olah Raga

Menurut dr. Karel A.L. Staa, M.D olah raga memberi manfaat bagi perkembangan motorik anak. Selain untuk perkembangan fisiknya, olahraga juga amat baik untuk perkembangan otak serta psikologis anak. Mengikutkan anak pada kelompok olahraga akan meningkatkan kesehatan fisik, psikologis serta psikososialnya. Anak menjadi senang mendapat stimulasi kreativitas yang baik untuk perkembangannya.

Selain olah raga dengan menggunakan peralatan di ruangan, sekali-kali perlu mengajak anak untuk berlari dan bergerak bebas di gymnasium atau taman bermain. Jika tidak ada ruang olah raga indoor atau outdoor, cukup dengan lapangan yang luasnya memadai untuk bergerak. Sedangkan bagi anak yang tidak bisa berlari, ijinkan bermain tongkat atau kegiatan lain yang membuat mereka bergerak. Misalnya, bermain menyentuh kaki, lutut, pundak dan kepala sambil berdiri.

bersambung…
[Endah, http://parentingislami.wordpress.com%5D

30 Tanggapan

  1. ass.saya butuh artikel aud danmohon dikirimkeemai saya.trim

    Wa’alaikumussala wrwb.
    Mbak fidrayani yth, artikel yang kami punya tentang AUD (Anak Usia Dini) sudah kami simpan di dalam kategori PAUD. Mbak bisa dapatkan pada link PAUD di sisi sebelah kiri.
    Semoga bermanfaat dan teima kasih

  2. Ass Wwrb

    Salam kenal bu, saya ingin tahu bagaimana cara tentang mengelola kelas, membuka & menutup pelajaran

    Terima kasih sebelumnya bu.

  3. Sy mau tahu tentang keberadaan PAUD secara detail. tolong dong kirim ke alamat eMail sy.

  4. alamat eMail Sy adalah masriahcarey@yahoo.co.id

    ditunggu ya secepatnya.

    terima kasih sebelumnya

    Untuk sementara, artikel tentang PAUD adalah yang tertera di blog ini.
    Silakan Ibu akses menu/kategori “PAUD” di sebelah kiri.
    Terima kasih.

  5. ass,
    Salam kenal bu, saya seorang pengajar PAUD, Saya mohon ibu bisa mengirimkan ke email saya tentang game2 untuk anak-anak dan tips agar anak tertarik dalam mendengarkan,dan mau melaksanakan apa yang telah kita contohkan. trimsssssss

  6. ass.mba saya pengelola PAUD Qoulan Sadid, mohon bantuannya mengenai cara mengelolah paud yang sehat.
    terimakasih.
    Wassalam

  7. assalamu’alaikm….
    salam kenal bu, saya salah seorang guru PAUD, kira2 bisa ga’ minta penjelasan kira2 hal apa yang menjadi fokus perhatian bagi kita eorang guru PAUD dalam mendidik AUD. terima kasih ats pejelasannya,

  8. Salam ceria
    Lagu anak baru sekarang begitu langka sehingga anak menyanyikan lagu dewasa. Kondisi ini tidak baik bagi jiwa si anak. Mereka dipaksa berpikiran dewasa.
    Untuk itu kami menciptakan lagu anak yang sesuai dengan jiwa mereka.
    Kunjungi http://www.wijayakids01.blogspot.com

    Jaya anak Indonesia

    Subhanallah, kreatif!
    Semoga menjadi jalan kebaikan bagi anak-anak Indonesia

    Salam kenal.
    Parenting Islami

  9. saya mw tanya tentang keberadaan kepsek PAUD.kira2 ap saja yah peran n program yg awal harus dilakukan..krn rencananya tahun ini a insyA mw buka PAUD..trims ya bu
    kirim ke email a..di
    asy_22jokam@yahoo.com

  10. saya baru mendirikan PAUD keagamaan yang Insya Allah mulai belajar pada tgl 13july 2009, dgn jumlah murid 40. dengan biaya gratis.
    saya butuh artikel keseluruhan tentang PAUD tidak terkecuali dan standar gurunya.
    mohon kirim email ke paudalhidayah@gmail.com
    terimakasih

  11. saya ingin tahu lebih banyak tentang cara pengelolaan paud soalnya saya ingin membuat paud

  12. Saya ingin menanyakan cara mengelola PAUD yang baik itu bagaimana?

  13. saya berencana mau buka PAUD ditangerang. bagaimana cara mengurus ijin2 nya?

  14. paud sekarang semakin semarak.sudah banyak pelatihan dan jurusan kepaudan

  15. bisakah ibu bantu saya untuk buka Puad Islami di kota balikpapan. dan klo bisa saya ingin kerja sama dengan ibu yayasan

  16. Pak Sugianto, terima kasih atas komentarnya.
    Sebetulnya kami belum sampai mendirikan yayasan.
    Ini masih kecil-kecilan, baru sampai sumbang tulisan.

    Sebenarnya rencananya ke depan memang kami berkeinginan untuk mendirikan yayasan. Tapi itu untuk rencana jangka menengah.
    Rencana jangka pendeknya, kami berencana menyelenggarakan “pelatihan PAUD”. Jadi semacam pelatihan bagaimana mendirikan PAUD, manajemen sekolah PAUD, Kurikulum PAUD, dan Pemasarannya. Ini masih dalam penggodogan. Allahu’alam bisa direalisasikan kapan. Tapi kami mohon doa semuanya supaya bisa terlaksana dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

    Parenting Islami
    Priyanto Hidayatullah

  17. 1. Mhn dikirim lanjutan artikel ttg Mengelola PAUD yang
    Sehat, mengingat PAUD-PAUD yang ada sekarang kon-
    disinya sangat dipaksakan

  18. assalaamu alaikum. salam kenal dari saya . kami mengelola paud namun hingga saat ini kami belum punya silabus/kurikulum . dimana saya bisa menemukan silabus dan kurikulum itu. atau kalau ibi punya tolong kirim ke e mail saya terima kasih

  19. assalamualaikum, salam kenal, bu saya baru membuka paud,walaupun tidak berlatarbelakang pendidikan paud/tk.karena itu saya mohon bantuan untuk mengirimkan silabus,atau cara mengelola kelas dsb tentang paud, terimakasih sebelumnya

  20. Salam kenal! Aku Guru PAUD dr NTT. Aku mw minta doNg Game2 yg tepat anak usia 2-3 th. Krm ke email saya ya? dancendun@ymail.com

  21. ss,
    Salam kenal bu, saya seorang pengajar PAUD, Saya mohon ibu bisa mengirimkan ke email saya tentang game2 untuk anak-anak dan tips agar anak tertarik dalam mendengarkan,dan mau melaksanakan apa yang telah kita contohkan. trimsssssss

  22. ass,…saya pengelola paud dan baru berkecimpung di ke-paud-an,walaupun latarbelakang pendidikan tapi saya masih bingung untuk menemukan strategi dan metode yang tepat untuk anak-anak usia 2-5 th,sekalian game2 seru untuk anak usia tersebut.haturnuhun pisan,ditunggu balasannya di email saya.

  23. Asslm. Saya baru mau buka PAUD tahun ini. Seperti yang lainnya, Kendala saya adalah tdk punya silabus dan kurikulum. apalagi ketua yayasan nya minta yang PAUD yang diselenggarakan dengan islami. bisakah ibu membantu saya? mohon kirim ke E-mail saya. Jazakillah…..

  24. Asslm. Saya baru mau buka PAUD tahun ini. Seperti yang lainnya, Kendala saya adalah tdk punya silabus dan kurikulum. apalagi ketua yayasan nya minta PAUD yang diselenggarakan dengan islami. bisakah ibu membantu saya? mohon kirim ke E-mail saya. Jazakillah…..

  25. alhamdulillah saya telah membuka PAUD sejak tahun 2009 dan telah menerima 18 siswa. Tahun ini meluluskan 7 siswa. Namun sedikit kendala yaitu contoh proposal dana perintisan PAUD. Mohon bantuannya.

  26. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Adakah materi tentang PAUD dan Parenting? kalo ada boleh saya minta? kalo bolah tolong dikirim ke email saya ya! Syukron…
    Wassalamu’alaikkum……

  27. Paud kami baru buka sektar bulan Agustus 2010, tentu masih banyak kekurangan di sana sini, bisa kah ibu membantu memberikan segala sesuatu yang berguna, dari silabus, game, dll, demi kelancaran prose belajar mengajar,
    Atas kirimannya di ucapkan terima kasih

  28. ibu tlng saya adalah pengelola paud tapi belum paham tentang pembuatan RKH nya dan RKM nya klau bisa sya minta cara pembuatan nya terima kasihnya

  29. saya mau tnya tentang cara krja guru paud dg baik itu gmanah yyya
    tlong krim blesan d fc saya

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.