Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)


Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

Download : Makanan Pendamping ASI.pdf 

 

Upaya peningkatan status kesehatan dan gizi bayi/anak umur 0-24 bulan melalui perbaikan perilaku masyarakat dalam pemberian makanan merupakan bagian yang dapat dipisahkan dari upaya perbaikan gizi secara menyeluruh.
Ketidaktahuan tentang cara pemberian makanan bayi dan anak, dan adanya kebiasaan yang merugikan kesehatan, secara langsung dan tidak langsung menjadi penyebab utama terjadinya masalah kurang gizi pada anak, khususnya pada umur dibawah 2 tahun (baduta).

Bertambah umur bayi bertambah pula kebutuhan gizinya. Ketika bayi memasuki usia 6 bulan ke atas, beberapa elemen nutrisi seperti karbohidrat, protein dan beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam ASI atau susu formula tidak lagi mencukupi. Sebab itu sejak usia 6 bulan, kepada bayi selain ASI mulai diberi makanan pendamping ASI (MP-ASI) Agar kebutuhan gizi bayi/anak terpenuhi.Dalam pemberian MPASI perlu diperhatikan waktu pemberian MP-ASI ,frekuensi porsi, pemilihan bahan makanan, cara pembuatan dan cara pemberiannya. Disamping itu perlu pula diperhatikan pemberian makanan pada waktu anak sakit dan bila ibu bekerja di luar rumah.Pemberian MP-ASI yang tepat diharapkan tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi, namun juga merangsang keterampilon makan dan merangsang rasa percaya diri.

Pengertian MP-ASI
• Makanan Pendamping ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung gizi diberikan kepada bayi/anak untuk memenuhi kebutuhan gizinya.
• MP-ASI merupakan proses transisi dari asupan yang semata berbASIs susu menuju ke makanan yang semi padat. Untuk proses ini juga dibutuhkan ketrampilan motorik oral. Ketrampilan motorik oral berkembang dari refleks menghisap menjadi menelan makanan yang berbentuk bukan cairan dengan memindahkan makanan dari lidah bagian depan ke lidah bagian belakang.
• Pengenalan dan pemberian MP-ASI harus dilakukan secara bertahap baik bentuk maupun jumlahnya, sesuai dengan kemampuan pencernaan bayi/anak .
• Pemberian MP-ASI yang cukup dalam hal kualitas dan kuantitas penting untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan anak yang bertambah pesat pada periode ini.

Indikator bahwa bayi siap untuk menerima makanan padat :
• Kemampuan bayi untuk mempertahankan kepalanya untuk tegak tanpa disangga
• Menghilangnya refleks menjulurkan lidah
• Bayi mampu menunjukkan keinginannya pada makanan dengan cara membuka mulut, lalu memajukan anggota tubuhnya ke depan untuk mrnunjukkan rasa lapar, dan menarik tubuh ke belakang atau membuang muka untuk menunjukkan ketertarikan pada makanan

Permasalahan dalam pemberian MP-ASI
Dari hASIl beberapa penelitian menyatakan bahwa keadaan kurang gizi pada bayi dan anak disebabkan karena kebiasaan pemberian MP-ASI yang tidak tepat. Keadaan ini memerlukan penanganan tidak hanya dengan penyediaan pangan, tetapi dengan pendekatan yang lebih komunikatif sesuai dengan tingkat pendidikan dan kemampuan masyarakat. Selain itu ibu-ibu kurang menyadari bahwa setelah bayi berumur 6 bulan memerlukan MP-ASI dalam jumlah dan mutu yang semakin bertambah, sesuai dengan pertambahan umur bayi dan kemampuan alat cernanya.

Beberapa permasalahan dalam pemberian makanan bayi/anak umur 0-24 bulan :
1. Pemberian Makanan Pralaktal (Makanan sebelum ASI keluar)
Makanan pralaktal adalah jenis makanan seperti air kelapa, air tajin, air teh, madu, pisang, yang diberikan pada bayi yang baru lahir sebelum ASI keluar. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan bayi, dan mengganggu keberhASIlan menyusui.

2. Kolostrum dibuang
Kolostrum adalah ASI yang keluar pada hari-hari pertama, kental dan berwarna kekuning-kuningan. MASIh banyak ibu-ibu yang tidak memberikan kolostrum kepada bayinya. Kolostrum mengandung zat kekebalan yang dapat melindungi bayi dari penyakit dan mengandung zat gizi tinggi. Oleh karena itu kolostrum jangan dibuang.

3. Pemberian MP-ASI terlalu dini atau terlambat
Pemberian MP-ASI yang terlalu dini (sebelum bayi berumur 6 bulan) menurunkan konsumsi ASI dan gangguan pencernaan/diare. Kalau pemberian MP-ASI terlambat bayi sudah lewat usia 6 bulan dapat menyebabkan hambatan pertumbuhan anak.

4. MP-ASI yang diberikan tidak cukup
Pemberian MP-ASI pada periode umur 6-24 bulan sering tidak tepat dan tidak cukup baik kualitas maupun kuantitasnya. Adanya kepercayaan bahwa anak tidak boleh makan ikan dan kebiasaan tidak menggunakan santan atau minyak pada makanan anak, dapat menyebabkan anak menderita kurang gizi terutama energi dan protein serta beberapa vitamin penting yang larut dalam lemak.

5. Pemberian MP-ASI sebelum ASI
Pada usia 6 bulan, pemberian ASI yang dilakukan sesudah MP-ASI dapat menyebabkan ASI kurang dikonsumsi. Pada periode ini zat-zat yang diperlukan bayi terutama diperoleh dari ASI. Dengan memberikan MP-ASI terlebih dahulu berarti kemampuan bayi untuk mengkonsumsi ASI berkurang, yang berakibat menurunnya produksi ASI. Hal ini dapat berakibat anak menderita kurang gizi. Seharusnya ASI diberikan dahulu baru MP-ASI.

6. Frekuensi pemberian MP-ASI kurang
Frekuensi pemberian MP-ASI dalam sehari kurang akan berakibat kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi.

7. Pemberian ASI terhenti karena ibu kembali bekerja
Di daerah kota dan semi perkotaan, ada kecenderungan rendahnya frekuensi menyusui dan ASI dihentikan terlalu dini pada ibu-ibu yang bekerja karena kurangnya pemahaman tentang manajemen laktASI pada ibu bekerja. Hal ini menyebabkan konsumsi zat gizi rendah apalagi kalau pemberian MP-ASI pada anak kurang diperhatikan.

8. Kebersihan kurang
Pada umumnya ibu kurang menjaga kebersihan terutama pada saat menyediakan dan memberikan makanan pada anak. MASIh banyak ibu yang menyuapi anak dengan tangan, menyimpan makanan matang tanpa tutup makanan/tudung saji dan kurang mengamati perilaku kebersihan dari pengasuh anaknya. Hal ini memungkinkan timbulnya penyakit infeksi seperti diare (mencret) dan lain-lain.

9. Prioritas gizi yang salah pada keluarga
Banyak keluarga yang memprioritaskan makanan untuk anggota keluarga yang lebih besar, seperti ayah atau kakak tertua dibandingkan untuk anak baduta dan bila makan bersama-sama anak baduta selalu kalah.

dr. Ariani, Blog Parenting Islami
http://parentingislami.wordpresss.com

Sumber :
1. Departemen Kesehatan. Pedoman Pemberian Makanan Pendamping ASI. Jakarta : 2000
2. Dr.dr. Hananto Wiryo,SpA. Peningkatan Gizi Bayi, Anak, Ibu Hamil dan menyusui dengan Makanan Lokal.Sagung Seto. Jakarta :2002

About these ads

22 Tanggapan

  1. salaam ukhuwah parenting islami…
    saya Ummu Mesia, senang bisa mengunjungi situs ini…sanat bermanfaat..
    saya link ya…
    saling mengunjungi ya..

    http://ummumesia.wordpress.com

    Salam ukhuwwah kembali, Ummu Mesia, alhamdulillah kalau bisa bermanfaat.Silakan, semoga silaturahminya terus terjalin,ya,
    parentingislami

  2. terima kasih banyak infonya…

  3. thx 4 ur info…..

  4. Bagus bgt ya saya jd paham mengenai MpASi yg tepat untuk anak saya yg bru belajar makan

  5. makasih atas infony… kebetulan bayiku br 5 bln tp dah di ksh mp-asi boleh gak yaaa? trs ada efek k dpnny gak? dan stlh diksh mpasi kok asiny agak berkrg apa krn dia dah kenyang krn mkn itu ya?

  6. Alhamdulillah, info MP ASI tambah pengetahuan saya kedepan, wlau bayi saya baru 4 bulan. kira2 ada menu2nya, bolehkah?
    Syukran jazakillah

  7. assalamualaikum.lam kenal,makasih info nya…

  8. ada info laen gak?

  9. terima kasih atas infonya, di sini saya mau menanyakan, makanan apa yang cocok yang bisa menambah berat badan anak saya yang sekarang sudah berumur 9 bulan, tapi beratnya tidak bertambah yang hanya 6,9 kg, yang notabene anak saya itu mempunyai alergi susu sapi? saya benar-benar kebingungan atas masalah saya ini.

  10. Asskum, bayi saya berumur 6 bulan 2minggu, idealnya untuk usia perkenalan dengan MP-ASI, sehari berapa kali dia mendpatkan makanan tambahan? minggu pertama saya berikan dia bubur susu yg dibeli dalam kemasan, dan makannyasehari sekali. Minggu kedua, bubur susu dimakan bersamaan dengan pisang, sehari sekali juga. Tapi sepertinya dia masih lapar, sementara saya takut pencernaannya belum siap kalau makan terlalu banyak. Mohon sarannya.
    Wassalam.

  11. ass.dr.ariani, sebelumnya trima kasih karena berkah dari Allah SWT dan pengetahuan dari dr.ariani asi saya sudah lancar,dan alhd.anak saya sudah berusia 6,5 bulan sekarang. saya minta bantuan lagi dok, untuk menentukan menu MP-ASI yang baik untuk bayi saya dan stimulasi permainanya. klo bisa saya minta diberi judul buku yang relefan mengenai ini> sebelumnya saya ucapkan trima kasih.

  12. aku kurang setuju kalu dibilang kurang pemahaman tentang ASI, kalau keadaan menunjang sich fine2 saja AI ekslusif 6 bulan dan penyapihan 2 tahun tapi klo keadaan menunjang walaupun paham gimana lagi, tidak selalu segala kenyataan sesuai dengan keinginan / haapan

  13. Ass…, dok saran mohon diinformasikan jenis permainan apa yg sesuai dgn usia bayi 7bln keatas, makanan dan buah2an yg sesuai, trimakasih

  14. Asskum, bayi saya berumur 6 bulan 2minggu, idealnya untuk usia perkenalan dengan MP-ASI, sehari berapa kali dia mendpatkan makanan tambahan? minggu pertama saya berikan dia bubur susu yg dibeli dalam kemasan, dan makannyasehari sekali. Minggu kedua, bubur susu dimakan bersamaan dengan pisang, sehari sekali juga. Tapi sepertinya dia masih lapar, sementara saya takut pencernaannya belum siap kalau makan terlalu banyak. Mohon sarannya.
    Wassalam.

  15. assalammualaikum…asyukur alhamdulillah sampai dengan hari ini baby azka putra kami berusia 6 bulan masih saya beri asi ekslusif…tanpa sufor sama sekali…alhamdulillah berkat asi pertumbuhannya sehat baby berusia 6 bulan dengan bb 11kg sunggu menabjubkan,sekarang baby azka sudah mencoba makan bubur…alhamdulilah ya allah engkau memberikan putra yang sehat…love u azka

  16. asalamu alaikum>>>>

    anak saya sudah berumur 5bulan 1minggu tapi oleh istri saya udah di beri MP…….bagai mana nich baik atau enggak anak kurang 6blan di kasih MP Asi.

  17. Sy ibu yg bekerja mmpunyai Anak yg ke2 skrg sdh berumur 4 bln n slama ini cm minum ASI. Skrg sy mulai mencari rekomendasi utk MP-ASIx nnti, makanan apa sih yg cocok utk awal perkenalan MPx. Blh tdk sy minta menu utk MP-ASI?

  18. assalamu ‘alaikum…
    thanks infonya ya, sangat bermanfaat buat kami

  19. Assalamu’alaikum… Mohon bisa disharing daftar menu untuk bayi usia 6 – 12 bulan yg memenuhi kebutuhan gizi dok… Terima kasih

  20. Mksih infonya mbk….jd lbh paham ttg MPASI

  21. dok.,anak saya usia 8 bln,saya memberiny makan dlm 1 hr 3 x.bagaiman ya dok,baik kah.?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.