Mengatasi Anak Sulit Makan


Mengatasi Anak Sulit Makan

 

cimg03601Kita  selalu mendengar banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya sulit makan. Hanya sebagian kecil yang mempunyai anak dengan tidak memiliki masalah makan.  tidak tahu bagaimana setiap keluarga yang pada akhirnya bisa mengatasi masalah makan anaknya. Sebagian dari mereka menemukan anaknya bisa makan  ketika mulai masuk sekolah. Tapi  tetap sebagian anak mengalami kesulitan ini walaupun anak sudah masuk sekolah.

Untuk menyelesaikan masalah ini, sekalian dalam rangka berobat ke dokter, mereka meminta vitamin peningkat nafsu makan.  Amat bingung bagi saya sebagai dokter untuk menyampaikan bahwa sebenarnya bukan itu obat untuk membuat anak bisa makan dengan teratur.  Anakku yang berusia 5,5 tahun sudah sempat beberapa kali mengkonsumsi  vitamin, akan tetapi jarang sekali dia bisa makan teratur tiga kali sehari. Paling hanya satu atau dua kali sehari. Bahkan bisa tidak mau makan seharian.  Hal ini benar-benar berpengaruh buruk yang menyebabkan anak saya masuk ke berat badan kurang alias kurang energi protein (KEP).  Hal yang membuat perasaan saya benar-benar tertekan karena saya seorang dokter yang seharusnya amat sangat mengerti bahwa asupan nutrisi yang cukup itu amat sangat penting.

Oleh karena itu, saya harus menyelesaikan masalah ini. Saya meneliti apa saja hal-hal yang membuat anak  menolak makan. Ada beberapa hal yang  dapatkan :

  1. Menu tidak sesuai dengan seleranya
  2. Anakku anak yang keras dan tidak suka dipaksa makan
  3. Aku kurang dekat dengan anakku karena kadang-kadang aku memarah-marahinya.

 memang terbiasa menggunakan paksaan untuk membuat anak  melakukan sesuatu.  kurang pintar membujuk

  1. Pembantuku juga tak sabaran membujuk anakku karena anaknya keras. Jika disuruh makan suka marah-marah.
  2. Suamiku juga kurang dekat dengan anakku dan susah membuatnya menurut
  3. Setelah diperiksa rontgen dan tes kulit, ternyata anakku terkena TBC. Setelah di terapi TBC, ada beberapa anak yang langsung meningkat pesat nafsu makan dan sekaligus berat badannya. Akan tetapi anakku tidak banyak berubah, tetap sulit makan tapi berat badannya bisa naik sedikit.

 

Acara makan merupakan tugas terberat harianku dibandingkan tugas mengurus rumah, menyuruh anak mandi, apalagi hanya sekedar kerja praktek atau kerja di kantor.  stress karena takut membahayakan kesehatan anak.

Aku ternyata akhirnya bisa membuat anakku makan sekarang. Dan kuncinya hanya beberapa hal :  mendengarkan, mendekatkan diri ke anak, membuat acara makan menyenangkan, kebebasan menentukan dan bertanggung jawab terhadap menu pilihan, pujian, dan acara akan bersama yang penuh kegembiraan dan kasih sayang.

 Saya ingin menjelaskan lebih detil tentang hal ini, akan tetapi amat sangat sulit. Karena  harus mengubah pola berpikir orang tua tentang pola asuh anak. Karena tanpa memahami dan menerapkan pola asuh anak yang benar, kunci-kunci di atas tak akan bisa dikerjakan sehingga kita akan mengalami masalah kesulitan makan anak yang berkepanjangan.

Mengubah pola asuh?? Iya, memang harus mengubah pola asuh. Pola asuh dari suka memarahi, menjadi suka mendengarkan. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman dengan orang tuanya dan mau menurut. Pola asuh dengan pujian yang membuat anak terpacu, dan menghindari kata ejekan dan kata lain yang bersifat negatif. Bagaimana membuat acara makan yang menyenangkan kalau orang tua masih tak menyempatkan waktunya untuk melaksanakan kewajiban mengasuh anaknya dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Selain itu, pembantu juga harus berubah dan melaksanakan hal serupa. Jadi,  pada anak  saya ini sangat efektif untuk membuatnya mau makan hanya dalam dua minggu. Ini adalah salah satu jalan dari banyak teori tentang membuat anak mau makan.

Ummu haidar

http://parentingislami.wordpress.com

31 Tanggapan

  1. kalo bayi susah mimik juga gitu ?</blockquote
    Untuk hal ini sedikit berbeda, Bunda. Mohon maaf, sebelum menanggapi lebih jauh, kami memerlukan info tambahan. Bayinya usia berapa ? Mulai susah miminya dari kapan? Awalnya seperti apa? Ibunya bekerja? Bayinya diberi ASI perah atau susu formula? Pemberian ASI perah dan susu formulanya menggunakan dot atau sendok?.Terima Kasih atas komentarnya.

    parenting islami

  2. Anak saya mulai sulit makan sejak mulai diperkenalkan makanan yaitu 4 bulan. Saya waktu itu sedang koasistensi. Amat sangat sibuk, kelelahan, tidak sabaran, dll. ASI surut di usia 9 bulan.

    Setelah anakku 5,5 tahun dan mengenal parenting, surprise sekali bahwa anak saya bisa makan. Ternyata penolakan dia akan makanan adalah bentuk dari pola asuh saya yang tidak tepat.

    Untuk masalah ASI, silakan berkonsultasi dengan dr. Ariani.

  3. saya seorang ibu rumah tangga, anak saya kembar usia 14bln. sejak lahir sampai usia 7bln minum ASI+susu formula krn ASI saya kurang…menginjak usia 7bln tdk mau minum susu formula ttp minum ASI sampai skrg. usia 1thn tdk mau makan, kakaknya mau mkn sedikit adiknya setiap mkn dibuang. kedua anak kembar saya minum ASInya makin kencang dan banyak pagi siang sore mlm…setiap mlm selalu menangis minta nete terus…dr bayi smpi skrg tidurnya tdk pernah nyenyak saya selalu begadang krn kedua anak minta nete terus…kaka berat lahir 2,480 skrg 10,8 adiknya brt lhr 1,480kg skrg 8,5kg….yg jd masalah saya….knp kedua anak saya selalu menangis setiap mlm apakah Lapar krn ASI saya kurang untuk disedot oleh 2 sekaligus…hrs dengan cara apa saya bujuk supaya mau makan……

  4. wah gak nyangka ada yg senasib dgn saya,ibunya praktisi medis anaknya BB kurang hehehe,pasti dilematis saat ada pasien yg bertanya bgmn spy anaknya bisa gemuk (pdhl di dlm hati..sama aja anaknya bu dokternya jg susah gemuk).
    skrg anakku ridho 21 bulan BB 10kg, kutelaah krn anaknya lincah dan sulit makan (saat disuapi mengatupkan mulut rapat2) itulah BB sulit naik.kuantisipasi dgn cemilan sehat roti/biskuit dll.yg penting anaknya sehat perembangan motorik sesuai umur,gak sakit2an aku sudah cukup bersyukur.

  5. sy jg ummu haidar,tp ummu haidar yg brbeda dg yg di atas.Alhamdulillah,anak sy sneng bngt makannya.tp yg jd mslh,mskipun sneng maem tp skrg di usia 11bln BB anak sy cm 8kg,sdgkn wkt lhr 3,4kg.krn khwtr,pernah sy&suami memeriksakn si kcl ke dokter,Alhamdulillah si kcl sehat.Ternyata si kcl tumbuhnya g ke samping tp ke atas alias tinggi,pnjgnya skrg 73cm.
    untuk urusan makan,si kcl sneng bngt.sy memberi dia MP-ASI saat usianya 6 bln.sy ksh dia bubur biskuit,bubur beras merah+kcg hijau+kedelai,pisang,pepaya.semua makanan itu sy berikan sampai dia berusia 8bln.utk beras merah,kcg hijau dan kedelainya sy dg dibantu ibu bikin sndri.kami sangrai sndri kemudian diblender dan diayak.sy sndri yg membuatkan bubur utk si kcl.sy cairkn dg air hangat kdg dg air rebusan kcg hijau lalu sy pnskan sbntr sampai teksturnya lembut.Alhamdulillah sampai saat ini sy blm pernah memberikan MP-ASI instant ke anak sy.sampai skrg anak sy jg msh ASI&tdk mau susu formula.apalagi sbg ibu rmh tangga sy pny bnyk wkt utk si kcl.msuk usia 9 bln,si kcl mulai sy ksh bubur nasi+sayur sup+keju parut yg dihaluskan,tp sy haluskan scr manual dg menggunakan alat saring.sy tdk prnh menggunakan blender,kecuali untuk jus pepaya,jus tomat&ajus lpukat.pg sblm sy ksh sarapan bubur nasi+sayur sup+keju parut,si kcl sy ksh sarapan biskuit dlu krn biskuit rasanya manis klo lgsg diksh bubur nasi+sayur sup+keju parut biasanya dia g mau.komposisi sayur supny hati ayam/kuning telur rebus/ikan kakap/ikan mujair,tahu/tempe,wortel,bayam hijau/merah.agar dia g bosan biasanya menu sy gnti kentang rebus+keju parut.selain itu setiap si kcl jg sy ksh buah(pisang/jus pepaya/jus alpukat/jus tomat).utk cemilan biasanya si kcl sy ksh biskuit/agar2.
    utk ibu yg buah hatinya susah makan,tips dr sy cobalah buatkan sndri makanan utk si kcl,buatkan menu yg variatif,berikan makanan sedikit2 tp sering&harus sabar serta telaten.klo perlu si kcl agak dipaksa makan sampai habis,lama gpp.mgkn bisa ibu suapi smbl diajak bermain.klo msh tetap sulit makan,berkonsultasilah ke dokter anak,biasanya oleh dokter si kcl akan diberi vitamin penambah nafsu makan.smg bermanfaat

  6. sekarang anak saya 7 bulan. enam bulan ia asi eksklusif. tapi, saat saya mulai memberinya makanan MPASI, ia tak mau buka mulut sampai sekarang. ya, dengan cara tertentu seperti mencandainya alhamdulillah dia mau.
    pertanyaan saya, apa memang butuh waktu yang lama ya membuat bayi mau makan selain asi?saya pernah dengar begitu.
    sementara saya kasih bubur instan. makanan apa yang cocok untuk bayi, yang makanan itu agak kasar dan ‘memaksa’ bayi untuk mengunyah?
    terimakasih

  7. wah ternyata emang susah bener kok yaa ngajak anak makan..tapi kalau kita tau triknya pasti dia mau makan.. coba ajak main sambil disuapin pasti mau sambil dirayu-rayu nanti kao tdk makan sakit perut nak ada cacingnya nanti gitu gimana ibuu-ibu setuju…
    SELAMAT TAHUN BARU UNTUK SEMUA DAN SELAMAT NATAL BAGI YANG MENJALANNYA

  8. anak saya juga mengalami hal yang hampuir sama ,tapi skrg sudah agak mendingan krn dia sedikit mau makan setelah mengkonsumsi vitamin penambah nafsu makan dan pola asuh yang berubah. saya masih belum puas krn berat badannya msh sy anggap kurang. memang benar pola asuh sngt efektif dlm memperbaiki nafsu makan anak.

  9. bayi saya (10 bulan) juga susah makan…walaupun sudah minum vitamin dr DSA nya. mulai dari MPASI pertamanya pas umur 6 bulan sudah susah, walaupun menu sudah diganti2

  10. Iya nih ibu-ibu, anak ga mau makan bikin kepala ortunya mumet ya… :P tapi gmn lagi rasanya sdh brbagai jurus dikeluarkan n kesabaran yg berlipat2 utk membuat si kecil membuka mulut. Jurus yg paling jitu mmbuat variasi makanan sendiri, mengajak bercanda sambil makan (jd anak tidak terfokus ke makanan), menyanyikan lagu n mengajaknya ngobrol, jangan pedulikan durasi brp lama si kecil makan, jangan juga diplot makanan harus habis (bwt aja target pling tidak setengah porsi sdh pindah ke perutnya), alhamdulillah anakq 7,5bln masih exclusive ASI + MP ASI tumbuh sehat, cerdas motorik dan kognitifnya. Pokoke semangat terus utk bersabar menyuapi si kecil bu… ! n thanks parenting Islami.. I love this web

  11. Terima kasih atas sharingnya Bu.
    Terima kaish juga atas kunjungannya.
    Salam silaturrahim.

    Parenting Islami

  12. trimakash untk parenting islami.tnyata bkan sy saja yg memiliki masalah berat itu.

  13. Duh…pas bgt nich ama anakku usia 6bln, susah bgt makannya wkt aku buat bubur beras mrah. Tp klo biskuit en buah dia lahap makannya. Ngatasinnya selalu dengan ajaak bercanda trus minimal ada bubur yangmasuk. Mudah2an selanjutnya lancar ya. Deg2an jg

  14. Anakku skarang usianya jalan 15 bulan,susaaaah banget kalo disuruh makan….waktu pertama kali MPASI usia 6 bulan,aku kasih bubur beras merah instan,dy suka,dan susunya pun lancar,lalu usia 8 bulan saya kasih susu formula,biskuit, dan nasi saring,tapi msh pake sayuran aja blm brani pake ati ayam,masuk usia setahun,mulai bermasalah dengan nafsu makannya,dan gag mau minum susu lagi,akhirnya susunya saya ganti…
    Setelah saya baca semua artikelnya,dan tanggapannya,mungkin satu hal yang bs saya renungkan,IKHLAS…..
    Terima kasih,bacaan ini sangat bermanfaat buat saya,saya jd lbh bs bangga walopun hanya jadi seorang ibu rmh tangga…

  15. Saya punxa anak 2 orang,namun sulit u makan krn msh minum su2 smpai skrg d alhmdllh anak2 sehat2 aja kbtln sy jg ngjr dislh st sklh jd kadang2 lp Ngasi mkn pada anak2 d skrg sy usahkn agr anak2 bisa mkn dgn cr apapun yg menyenangkn buat dia bhkn kdng sy jnjkn hadiah asal mau mkn.

  16. kepada
    pengasuh yang budiman

    anak saya usianya 3 th 3 bulan. setiap di suapi tidak lama sekali mengunyahnya. akhirnya tidak seakan mau muntah. sehingga saya jadi sebel setiap menyuapi. akhirnya saya bentak baru dia mau makan mohon penjelasan bagaimana cara mengatasi

  17. Duh ummu……..rasanya segala cara sudah saya coba untuk memberi anak saya makan,dgn memasak sendiri menunya,sambil bermain dan bercanda ,menonton tv kadang hampir memaksa tp kok anak saya masih susah ya makannya,apa karna lg tumbuh gigi?anak saya mulai malas makan dari umur 12 bln sampai sekarang sudah 19 bln… saya pernah mencoba memberi vitamin tapi dari beberapa artikel yg saya baca kok katanya gak bagus bisa memperberat kerja ginjal.Apa benar ummu..?

  18. alhamdulillah untuk urusan makan khaliq gak pernah nolak…selain asi yg sampai sekarang msh saya berikan khaliq punya jadwal yg sama utk makan; jam 07.30, 12.30 dan 16.00..hanya saja terkadang saya bingung untuk buat menu agar khaliq tdk bosan..ummu dan teman2 tolong beri referensi menu agar ada variasi makan anak saya ya..terima kasih

  19. Assalamualaikum.

    Anak saya tidak ada selera makan sama sekali. Ga ada keinginan mencoba makanan selain yang dia tau rasanya enak. Yang dia mau adalah .. biskuit, kerupuk, pisang, roti coklat, bolu, puding (kadang-kadang). Duh.. gimana ya menumbuhkan minat makannya?

    Umur anak saya 2 tahun 4 bulan. Dan selain susu formula, juga minum ASI jika saya di rumah. Apa ini penyebabnya, karena dia masih ASI?

    Terima kasih.

  20. Setuju apa yg d smpiknummu haidar. Pola asuh sgt berpengrh. Anak2 mmg mbutuhkn perhatian lbh. Sy mau cb praktekkan smg berhasil.

  21. Assalamualaikum, ummu anak saya usia 26 bulan makannya susah sekali ,biasanya kalau nyuapi sambil saya ajak jalan jalan keliling kampung ,tapi itupun makannya nggak banyak masalahnya kalau makan sambil duduk dirumah malah sama sekali nggak mau membuka mulut.masih minum susu formula ,sekarang bbnya 11,5 kg,mohon penjelasannya bagaimana menumbuhkan minat makannya.Trimakasih sebelumnya.

  22. assalamualaikum.q punya anak sekarang usia 15 bulan,pola makannya susah sekali kadang cuma sedikit makanannya yang masuk.q masih memberinya ASI tetapi sekarang ASInya sudah mulai berkurang.kuberi susu formula juga sulit.mohon penjelasannya bagaimanya menumbuhkan minat makan dan minum susu.terimakasih.

  23. Anak Keras, Melawan, Bandel, Cuek, tidak mau makan adalah masalah orang tua kebanyakan.

    Solusi dari ummu haidar bisa membantu, karena dengan menggunakan pola asuh yang benar anak akan merasa nyaman dengan orang tua. memaksakan kehendak hanya membuat anak semakin berontak.

    Dengarkan kemauannya beri pengertian, beri pujian It’s Okey, Good Job, Anak Hebat.

  24. Asslmkum.. Wach trnyt sy pny mslh yg sm dg bunda2 yg lain, dl wkt prtm Maem hanum lahap skali maemny ech skrg msk umur 7bln maemny sulit bangt Akhry BBny jg sulit naek skrg hanum BBny 7kg. Mohon pnjelsn bgm menumbhkan minat maemny adhek. Suwun sblmny. Waslm.

  25. Anak umur 8 bln,setiap kali makan d sembur2x kan ato g mau buka mulut sama sekali kadang2x malah nangis q bingung banget,makasih ya akan ku coba solusinya

  26. Tp anaqQ usiaX br 1stngh thun,tp dia ndak mau mkan sm sekali,,di ksi ini tetep g’ mo mkan,,di ksi lauk apapun g’ mau,,,trus berat badannya g’ mo naik pling 7 klo ato 8klo aj.mhon jlan kluarX,trima kasi.

  27. asslmkm….
    memang klo ank g mau makan rasa nya bingung kali harus cari cara gmn lg biar si kecil mau makan padahal tiap hari menu udah di ganti.
    ni ank pertama ku usia 7bln udah i minggu ni makan nya susah n klo udah tau saya pegang sendok pasti mulut nya di tu2p rapat.

  28. anak saya sejak umur 6 blan sangt susah sekali makan
    sudah saya kasih vit ini itu tetap sja tdak mau makan
    tolong dong kasih solus yang tepat buat ank saya…
    terima kasih…………

  29. anakku 18 bulan, susah sekali mkan maunya ngemil, padahal suami saya juga seorang dokter,bingung sekali saya mensiasatinya, kadang hanya pagi sja mkn nasi sayur ikan,sufor pun tak mau, saya bekerja, ASI hanya saat saya drumah.

  30. Klo anak yg baru satu tahun blm mngerti tentang menu yg dia suka,gmn cara kita mngatasinya agar dia nafsu makan

  31. emg bener tuh. maem anak kadang bikin pusing kepala. tp sabar deh ntar jg scr alami mau sendiri

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.