Suka Duka Menyikat Gigi Balita/Batita


Suka Duka Menyikat Gigi Balita/Batita

image004Pagi, siang, malam. Minimal 3 kali si kecil makan. Nasi, ikan dan buah pisang makanan kesehariannya. Sudah pasti ada yang tersangkut gigi disana-sini. Apalagi gigi susu si kecil sudah lengkap. Kalau tidak dibersihkan, sangat boleh jadi kuman-kuman akan berubah menjadi malapetaka, sakit gigi.

Tidak ayal lagi si ummi sangat menyiapkan diri supaya si kecil bisa menyikat gigi. Dibelinya sikat gigi khusus buat si kecil. Anda pernah lihat sikat gigi khusus batita? Saya pun baru tahu sejak menjadi ayah. Bahannya dari silicon yang melingkupi jadi telunjuk. Di ujungnya ada terdapat rambut-rambut silicon yang halus. Cukup halus sehingga tidak akan merusak gusi si kecil. Cara menggunakannya? Ya tinggal di pasang di jari telunjuk, kemudian tinggal kita gosokkan pada gigi si kecil.

Ternyata bukan hal gampang. Si kecil berontak. Berkali-kali mulutnya dia tutup rapat-rapat. Namun si ummi bersikeras, dia tidak ingin anaknya nanti sakit gigi. Lebih baik nangis ketika sikat gigi daripada nangis karena sakit gigi, begitu prinsip yang dipegangnya. “Bi pegangin”, katanya. Ku pegang si kecil dan mulailah si ummi menyikat gigi si kecil. Jelas, si kecil menangis. Semakin disikat, si kecil kayaknya semakin kesal, digigitnya jari si ummi. Sakit? Sok pasti dong. Silikon itu tidak cukup tebal untuk melindungi jari dari gigitan si kecil. Tapi si ummi tidak menyerah. Terus disikatnya sampai akhirnya selesai. Sesaat si kecil masih sesegukan. Tapi tidak lama kemudian, ternyata berhenti juga. Tanpa bekas, tanpa dendam. Biasa, namanya juga anak kecil.

Hari-hari berikutnya, si ummi berpikir keras mencari akal supaya ga susah lagi nyikat gigi si kecil. Ternyata betul, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Pertama, si kecil di distimulasi, “eh itu ada makanan yang nyangkut, sini ummi bersihin”. Si kecil mau membuka mulutnya lebar-lebar. Di akhir menyikat gigi si kecil, si ummi pun menghadiahinya dengan pujian luar biasa sehingga si kecil senang. Oya, satu lagi. Suatu ketika om si kecil datang sambil membawa sebuah buku cerita. Ceritanya tentang kehidupan seekor harimau cilik. Ternyata di salah satu ceritanya, sebelum harimau pergi bermain, harimau itu sikat gigi dulu. Si kecil mulai berubah pikirannya. Dan alhamdulillah, di hari-hari berikutnya dia sendiri sudah mau menyikat giginya sendiri.

[deFatih,  https://parentingislami.wordpress.com]

9 Tanggapan

  1. Si kecil umurnya berapa pak? anak saya 2.5 thn sampai sekarang belum mau sikat gigi sendiri, pake sikat kecil juga ga mau, jadi sekarang ini masih saya gosok pakai ujung jari, an hasilnya memang tidak maksimal. mungkin dengan buku cerita bisa berpengaruh positif juga terhadap anak saya .

    Waktu itu sekitar 1,5 tahun Bu.
    Iya, memang waktu itu kami dapat kiriman buku cerita dari adik ipar. DI buku itu diceritakan, harimau aja sikat gigi sebelum bermain. Kebetulan bukunya juga banyak gambarnya, jadi anak suka.

    Hmm… oya, selain itu juga kami suka gosok gigi bareng. Jadinya anak merasa saat menyikat gigi adalah saat yang menyenangkan.

    Satu lagi, kalau kata istri, awalnya memang anak pertama kami ini agak susah sikat gigi. Tapi waktu itu istri biarkan saja sang anak bermain dengan sikat gigi. Walaupun mungkin dipake untuk hal yang lain. Tapi setelah itu, sedikit demi sedikit diarahkan pada fungsi sikat gigi yang sebenarnya.

    Ok, selamat berjuang Bu!

  2. anak saya sekarang 7 bulan
    sejak 6 bulan sudah tumbuh gigi
    apakah harus disikat juga
    anak saya udah di kasih makanan tambahan
    kata dokter saya
    membersihkan giginya pake kasa yang di basahi air hangat
    gimana ya?

  3. anak saya umur 7 bulan
    sejak umu 6 bulan sudah tumbbuh giginya
    kata dokter membersihkannya pae kasa basah
    gimana ya?
    sebenernya perlu ga sih masih kecil di bersihin
    tapi anak saya sudah mendapat makanan padat
    susunya masih asi
    gimana ya?
    makasih

  4. saya jg punya anak yg berumur 11 bulan.sejak usia 4 bulan sdh mulai tumbuh gigi,dan saat usia 9 bulan giginya sdh berjumlah 8 buah.waktu anak saya mulai tumbuh gigi, saya mulai mencari info ttg bgmn merawat gigi si kcl.info yg saya dapatkan, saat bayi mulai tumbuh gigi sebaiknya orangtua jg mulai berkonsultasi dg dokter gigi.trs cara menyikat gigi si kcl dg menggunakan kain lembut yang sdh dibasahi dg air matang yang hangat kemudian digosokkan pelan2 ke gigi si kcl.meskipun si kcl masih minum ASI tp dia sdh mengkonsumsi makanan padat dan sisa2 makanan itu harus dibersihkan agar gigi si kcl tidak rusak di usia dini.semoga bermanfaat

  5. maaf sebelumnya,di tempat kami tinggal tersedia sikat gigi di lihat dari umurnya .dari umur 0-1 thn ,2-5thn dan seterusnya.jadi ketika anak saya baru 4 bln sudah di kenalkan menggosok gigi,karena sikatnya aman yang terbuat dari karet tapi berbentuk sikat gigi.jadi pas umur 1 thn sudah tidak susah lagi untuk mengajaknya menggosok gigi.di indonesia ada tidak tdk ya sikat gigi yang untuk anak 0-1thn

  6. Alhamdulillah di sini (Bandung) ada juga, saya sudah membelinya,mba dan sedang mencoba menggunakannya untuk anak yang kedua.Terimakasih atas sharingnya
    dr. Ariani
    parentingislami.wordpress.com

  7. Anak saya Kenrich usia 2thn.,sejak usia 10bln ud dikenalkan dgn menyikat gigi,smpai saat ini Kenrich sudah tau waktu menyikat gigi,pagi saat mandi,n malam sebelum tidur.,tetapi sehabis makan permen n coklat saya biasakan buat menyikat gigi,minimal kumuran..Puji Tuhan,meskipun Kenrich masi minum susu botol saat tidur,n senang makan permen,tetapi giginya terawat,putih bersih n rapi tumbuhx..,

  8. Senang mendengarnya Bu. Terima kasih atas sharingnya. Memang benar, kalau anak sudah terbiasa menyikat gigi, tidak usah disuruh, mereka sendiri yang minta.
    Jadi memulai sering kali tahapan yang paling berat. Asal sabar, insyaallah berhasil.

  9. anak sy berumur 1 tahun 3 bulan. sebenarnya dari umur 7 bulan sdh sy kenalkan dengan sikat gigi dan gosok gigi. tp susahnya minta ampun. dia selalu berontak,atau mulutnya ditutup rapat,apalagi menangis. sempat sy merasa putus asa. tetapi sy mengusahakan tetap melatih dia mnggosok gigi. tapi tetap saja tidak mudah. sy coba cari informasi ttg bagaimana membuat anak usia batita merasa senang ketika menggosok gigi. alhamdulillah anak sy sekarang sudah mau menggosok giginya sendiri,walaupun kadang2 jg masih sy bantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: