Hadits Parenting (1) : Rasulullah Tidak Pernah Menghardik Anak-anak


Hadits Parenting (1) : Rasulullah tidak pernah menghardik anak-anak

Sejak kecil, Anas ra menjadi khadimat/pembantu Rasulullah SAW. Hadits ini menggambarkan indahnya akhlak Rasulullah SAW terhadap seorang anak-anak yang bernama Anas ra

Dari Anas r.a., “Aku telah melayani Rasulullah SAW selama 10 tahun. Demi Allah beliau tidak pernah mengeluarkan kata-kata hardikan kepadaku, tidak pernah menanyakan : ‘Mengapa engkau lakukan?’ dan pula tidak pernah mengatakan: ‘Mengapa tidak engkau lakukan?’”

(Hadits Riwayat Bukhari, Kitabul Adab 5578, Muslim, Kitabul Fadhail 4269, dan selain keduanya)

9 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum,
    ini dia yang susah banget dilakukan…astaghfirullah, saya masih harus banyak belajar dan belajar…

    Parenting Islami : Wa’alaikumussalam wrwb. Yup, memang tidak mudah dilakukan.
    Dan dari situlah kemudian muncul kekaguman, subhanallah betapa luar biasa rasul kita.
    Semoga setiap perjuangan berbuah pahala disisiNya.

  2. He mas, itu bukan Rosul kita tetapi Rasulullah, jangan keliru lagi yaaaaaaa.

    Dan untuk meniru pasti bisa, karena Allah menciptakan muhammad untuk ditiru bukan untuk pajangan doang, ya to

    Ups, iya. Terima kasih telah diingatkan. Secara bahasa Rasul adalah utusan, berarti Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT bukan utusan kita. Tapi maksud kami bukan menyatakan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan kita (Anda semua dan kami), tapi bahwa Nabi Muhammad adalah Rasul yang kita akui. Karena bagi umat lain mungkin Nabi Muhammad tidak diakui sebagai Rasulullah.

    Meniru? muhammad yang mana nih? Kalau NABI Muhammad insyaallah bisa. Memang beliau diciptakan untuk diteladani. Yang ingin kami sampaikan adalah, pada pelaksanaan, ada saja hal-hal yang kita harus benar-benar berjuang untuk melaksanakannya. Salah satunya ya yang tertulis dalam hadits tersebut.

    Rasulullah pajangan? Hmm…mungkin ada kata yang lebih pas

  3. ada yang pake teks arab nggak haditsnya ?

  4. ass…
    gmn y tips meniru akhlak rasul??????
    kayakny agak susah ditiru,,
    karena akhlakny sngat mulia…
    tdk prnh brbuat dosa,,,,,

  5. As. Sebenarnya semu itu tergantung seberapa kuat niatnya.bila kita memang benr2 ingn menirunya psti bs koq. Hrus ikhlas dn bxk sholawat.dn brdo’a minta prtolongan Alloh azzawajala.dn satu lg jgn sekali2 sngaja brbuat dosa.smg brmnfa’at amiin

  6. rasul adalah tauladan bagi umat muslim yang ingin hidup damai

  7. rasul adalah tauladan bagi umat muslim yang ingin hidup damai

  8. […] Hadits Parenting (1) : Rasulullah Tidak Pernah Menghardik Anak-anak Posted on 21 Mei 2008 by parentingislami […]

  9. mau sih…tp ko ya susah ya…insyaAllah aq mw belajar lebih baik lg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: