Ketika Anak Menuntut Keadilan


image024Saya dapat cerita ini dari istri. Begini ceritanya…

Setelah kelahiran anak kedua kami, sepertinya sang kakak menyadari ada makhluk baru yang menjadi bagian dari kehidupan kami. Temen-temen sering cerita tentang pengalaman keluarga mereka setelah kelahiran anak kedua. Katanya kalau beli mainan harus selalu 2. Satu buat si kakak, satu buat si adik. Kalau enggak, rebutan deh. Bahkan denger-denger , pada beberapa anak, kelahiran anak kedua merupakan ancaman bagi anak pertama.

Suatu ketika, ica anak kedua kami menangis. Terang saja respon kami segera menyambutnya. Digendong, dielus-elus, disayang-sayang. Dan tahukah apa yang dilakukan fatih kakaknya yang berumur dua tahun setengah?

image006“Mii sakit pipi”, sambil fatih memegangi pipinya. Wah, hebat. Seorang anak telah menemukan jenis penyakit baru yang belum pernah ada sebelumnya. Hehe, anak kecil memang suka banyak akal. Dan sebagai orang tua, kita tidak boleh kalah. Orang tuanya harus lebih banyak akal lagi (begitu kata seorang teman).

Tentunya kami sadar pada saat itu fatih hanya ingin meminta perhatian umminya. Tapi solusinya gimana ya? Si ummi punya ide. Umminya nyari bedak, kemudian pipinya fatih dikasih bedak. Ummi berkata (kira-kira) “Nah a, gimana udah sembuh?”. Kemudian a fatih berkata, “Iya, udah mi, udah sembuh”.

Memang benar, tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya. Sakit pipi bisa sembuh dengan butir-butir bedak.🙂

Abu Fatih,   https://parentingislami.wordpress.com

8 Tanggapan

  1. crita nya lucu..
    hebat ya anak sekecil itu sdah mengerti dgn arti kasih syg.

  2. mmg seharus nya sbg org tua harus bersikap adil kepda anak2nya…

  3. Saya punya pengalaman buruk dengan kecemburuan kakak kandung. Sejak saya lahir ia selalu berusaha menyingkirkan saya dari pelukan ibu, dan sayangnya ketidaksenangan kakak kepada saya terbawa sampai kami remaja, walaupun sudah punya adik yg lain tapi kecemburuan thdp saya tidak berkurang. Bayangkan saja, ia tidak mau berbicara kepada saya sampai ia tamat SMA. it’s very2 tough..

    Semoga Allah membukakan setiap pintu hati.
    Semoga Allah memberikan kesabaran dan jalan keluar.
    Amin.

  4. Hehe, lucu ya…
    Semoga menjadi anak yang sholeh

    http://assalam-polban.blogspot.com

  5. saya anak pertama, dan saya merasakan sekali apa arti kecemburuan, tersisih…. tapi saya bersyukur saya banyak mengikuti ta’lim yg akhirnya membuat saya ikhlas dengan tugas mulia ini…. sebagai pengayom.

    to piko….. berusahalah tetap menyayangi kakak… mungkin masih ada penolakan… tapi tetaplah berusaha…dan tentunya dengan cinta….

    Semoga Allah SWT mempertautkan hati-hati dalam cintaNya.
    Jazakillah atas sharingnya.

  6. hendaknay si kakak selalu dilibatkan dalam menghadapi segala permasalahan yg dialami oleh si adik, dan pada akhirnya si kakak merasa dialah orang yg palng berjasa terhadap si adik, dan si kakak mengerti bahwa si adik adalah seorang yg perlu ditolong bukan dikasihani, jadi si kakapun bisa menolong tapi dgn catatn tidak membahayakan buat sikakak pd waktu menolong si adik, peranan orang tua sangat diperlukan selalu bertindak sebijaksana mungkin dan dituntut kreatifitas orang tua dalam melibatkan si kakak untuk menangani si adik dalam segala peristiwa……….selamat berkreatifitas dan suatu hari memang akan menjadi sulit klo kita kurang banyak belajar

  7. saya sedang mengandung anak kedua, insyaalloh ketika melahirkan nanti sang kakak genap 4 thn. sy juga takut sang kakak mengalami kecemburuan seperti yang dialami banyak balita. tapi sy berusaha membuat kakak sayang sama adiknya sebelum adiknya lahir. dengan cerita adiknya juga sayang sama kakak. dalam setiap kesempatan saya mengarahkan agar “mereka” akrab. hasilnya dia selalu ingin mengelus adiknya yang masih dalam kandungan,suka ngajak cerita…semoga ketika anak kedua kami lahir kakaknya selalu sayang.

  8. Alhamdulillah kecemburuan kakak tidak terlalu berlebihan, walaupun hanya berbeda usia satu tahun, sejak hamil memang sdh saya perkenalkan kepada adikny di dlm perut, ketika adik telah lahir saya ikutkan dlm kegiatan merawat adik,dan Saya berusaha memilah milih prioritas mana yg harus didahulukan antara kakak dan adik, Selain itu menghabiskan wkt bersama kakak saat adik sedang tidur atau tidak menyusui juga penting. Semua Kemudahan datangnya adalah dari Allah…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: