Tips Pijat Bayi


Tips Pijat Bayi

cimg1042Memijat adalah salah satu pengobatan alternatif yang sudah diakui keefektifannya untuk terapi penyakit tertentu atau sekedar menjaga kebugaran tubuh. Bukan hanya pada orang dewasa, terapi ini pun bisa dilakukan pada bayi. Tujuannya untuk meningkatkan status kesehatan bayi, meningkatkan rasa nyaman, serta meningkatkan ikatan kasih sayang antara ibu dan anak. Tapi perlu diingat, terapi ini hanya bisa dilakukan pada bayi yang usianya lebih dari 6 bulan, bayi tidak dalam keadaan diare dan ada selang waktu dengan jam makan atau tidak dalam keadaan kenyang. Berikut ini adalah persiapan dan cara pelaksanaannya.

 

Persiapan memijat:

  • Mencuci tangan dengan sabun
  • Menggunakan pelumas baby oil atau semacamnya

Cara pelaksanaan 

Pijat muka:

  • Letakan kedua telunjuk di dagu kemudian tarik kearah atas
  • Letakan kedua telunjuk di dahi kemudian tarik ke pinggir. Ulangi 10x

Pijat dada

  • Letakan kedua telapak tangan di dada bayi, kemudian putar seperti kupu-kupu.    
  • Ulangi 10x

Pijat perut

  • Letakan satu telapak tangan di perut menutupi pusar, putarkan setengah lingkaran. Ulangi 10x
  • Ketuk perut dengan ujung telunjuk 3x. ulangi 10x
  • Pijat perut dengan satu telapak tangan dari arah atas membentuk huruf I, L dan U.

Pijat punggung

  • Letakan tangan di punggung bergantian dari tangan klanan lanjutkan oleh tangan kiri (selang-seling).
  • Ulangi 10 x

Pijat lengan

  • Tangan diurut kearah bawah dan atas
  • Pijat tangan dengan arah menggulung dengan dua tangan

Pijat kaki

  • Urut kaki bayi kearah bawah dan atas
  • Pijat kaki bayi dengan arah menggulung dengan dua tangan
  • Pijat tulang kering bayi dengan jempol.

Endah Silawati,  parentingislami.wordpress.com

37 Tanggapan

  1. makasih..penting banget ni..

  2. Artikel yang sungguh bermanfaat, menambah pengetahuan dan bisa saling berbagi.sukses selalu ya.
    Semoga bisa menjadi sahabat🙂

  3. Sip bgt

  4. Masa sih? Kayaknya tipsnya asal2an n ngaco nih!

  5. wah…ini yang saya cari cari…makasih banget ya…ini sangat bermanfaat sekali..oh iya…berapa kali..atau bagusnya jadwal pijat bayi berapa kali dalam 1 minggu

  6. 🙂
    Terima kasih atas feedbacknya.
    Insyaallah tidak ngaco Pak.
    Silakan dicoba dan rasakan khasiatnya.

    Parenting Islami

  7. Sama-sama Bu.
    Semoga anak Ibu menjadi anak yang sholeh/ah. Amin

    Parenting Islami

  8. boleh ngak kepala anak 1,5 tahun dipijat karena anak saya beberapa kali jatuh dan kepala nya kebentur terutama bagian belakang.

  9. bagus banget tu bos tambah lagi dong///

  10. sip

  11. Bayi umur 0-6 bln boleh dak dipijat spt diatas.Makasih

  12. makasih ya sharenya.. td baru aja pijit babyku.. kelupaan pake minyak or baby oil.. keingetan deh🙂

  13. pelajaran yang kayak gini ini nih yang bermanfaat buat calon2 ibu baru seperti istri ku.apalagi kita awam & gak tau harus ngapain kalo anak kecil rewel.dengan pijatan begini kan jadi tau bahwa anak kita butuh kenyamanan melalui pijatan……. sip deh

  14. tambah lagi dong pengetahuannya tentang pijatan

  15. Masih bayi juga insyaallah tidak masalah dipijat.
    Asal jangan terlalu keras saja jika umurnya masih terlalu muda.

    Insyaallah kalau ada tambahan informasi akan segera diposting.

  16. Makasih buat tips nya,sgt membantu saya sbg ibu baru.saya jadi tau cara memijat bayi.

  17. makasih anakku jadi tambah sehat

  18. Kyakx tipsx kRg lgkp nich?..

  19. makasih

  20. seneng banget bisa dapat info makasih ya

  21. Maksih ilmunya,sangat bermanfaat buat aq.

    Kalo ada ilmu lain tentang baby n parent islami boleh donk aq dikasih bagi lewat email??

    Semoga anda mendpt pahala
    Syukron…

  22. terima kasih infonya….ini akan sangat bermanfaat bagi sy yang baru punya baby…

  23. thanks ya, skr sya jd tau ngatasi ank2 yg rewel mkin krn kcapean, mudhan ank sya slalu seht, amiin,.’ tp bisa ngga sya belajar lebih dlm tntang pijat bayi ini siapa tau sya bisa bika peluang usaha d bidang ini, smga Allah menizinkn,.,

  24. mohon informasi pelatihan pijat bayi

  25. heheh…lucu ya bayi juga pengen di pijat😀

  26. wah thank mas infonya…

  27. Makasih infonya, sangat bermanfaat. boleh di share ga?

  28. Wa’alaikumussalam wrwb. Silakan. Semoga bermanfaat

  29. Assalammualaikum semuanya… Wah tips nya bagus banget, teknik nya bener tuh. Saya pernah bawa bayi saya ke mom n jo (di daerah dharmawangsa) karena belum berani mijet sendiri, waktu itu anak saya suka rewel banget dan agak susah pup dan pipis. PAs disana anak saya dipijat sambil dikasih mainan gitu sama mbak2 terapis nya. Oya tempatnya juga nyaman banget, jd ngantuk tiap bawa bayi kesana, bisa tidur sih sambil nungguin bayi dipijat hehee

    Nah, disana saya diajarin mbak2nya cara mijat bayi yang benar, cara mengetahui dia masuk agin atau enggak dan pelajaran banget yang saya dapet adalah ternyata mijat bayi itu dilakukan setelah mandi, bukan sebelum mandi. tapi hebat lo mom n jo itu bisa bikin anak saya diem dan menikmati pijatannya hahaha lucu banget deh liatnya…

    Dan sejak dipijat bayi saya tidurnya lebih lelap dan gak rewel banget kayak sebelumnya.

    Jadi penting nih info nya buat kita yang ibu2 baru🙂

  30. kalau bisa,tips memijat bayi menggunakan vidio atau di vidio khan biar makin siiip…

  31. Maksih info nya..b’manfaat banget,, mo sy praktekan to my baby..

  32. Maksih info nya b’manfaat banget..mo sy poraktekan to my baby..

  33. fungsi tuk pijat bayi itu sendri apa yah? mislnya pijat pada punggung itu fungsinya apa…

    trimzz..🙂

  34. seharusnya berapa kali bayi di pijat dalam seminggu? mohon pencerahannya…

  35. wah pas banget tuh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: